Fakultas Ilmu Pendidikan Jadikan Kurban Sebagai Momen Kebersamaan dan Berbagi

Surabaya Idul Adha merupakan hari raya yang identik dengan pengorbanan Nabi Ibrahim As dengan menyembelih putranya Nabi Ismail As. Begitu juga seorang muslim sejati, siap berkorban menaati perintah Allah SWT, yang salah satunya diwujudkan dengan melaksanakan kurban dan membagikannya kepada muslim lainnya. Fakultas Ilmu Pendidikan mewujudkan momen Idul Adha ini dengan menyembelih kurban dan membagikannya kepada civitas akademika yang ada di Universitas Negeri Surabaya. Penyelenggaraan kurban kali ini, Fakultas Ilmu Pendidikan melibatkan beberapa dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang berasal dari utusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Persiapan kegiatan kurban telah dimulai dua minggu sebelum pelaksanaan kegiatan kurban dengan mencari binatang kurban yang akan disembelih.

Hari Selasa, 13 Agustus pukul 06.30, penyembelihan kurban dilaksanakan oleh panitia. Terdapat 6 hewan kurban yang disembelih. Lima hewan tersebut adalah kambing, yang berasal dari sumbangan dosen dan tenaga kependidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan. Ulhaq Zuhdi, S.Pd., M.Pd Ketua Panitia Kurban Fakultas Ilmu Pendidikan,  mengatakan, “Kegiatan kurban di Fakultas Ilmu Pendidikan merupakan salah satu momen kebersamaan yang ada di fakultas, dimana dosen dan tenaga kependidikan bersama-sama menyembelih kurban dan membaginya secara merata. Momen seperti ini tidak boleh hilang, selain karena wujud nyata ibadah kepada Allah, di lain pihak terdapat kebersamaan yang tak tergantikan”.

Rencananya kurban yang telah disembelih akan dibagikan kepada tiga pihak, yaitu cleaning service di Fakultas Ilmu Pendidikan, satpam, dan mahasiswa yang berada di sekitar Universitas Negeri Surabaya. Panitia kurban Fakultas Ilmu Pendidikan tidak membagi kupon kepada penerima kurban. Hal ini dilakukan untuk menghindari tidak sesuainya kupon yang dibagikan dengan jumlah kurban yang dibagikan. Panitia kurban akan membagi langsung kepada penerima yang telah ditentukan sebelumnya dan dapat ditemui oleh panitia kurban Fakultas Ilmu Pendidikan. (rif/pif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *