Restruktur Kurikulum, Fakultas Ilmu Pendidikan Bahas Mata Kuliah Baru

SurabayaDalam rangka persiapan pengembangan kurikulum tahun 2019, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) melakukan diskusi restruktur kurikulum. Acara ini dihadiri oleh wakil dekan selingkung FIP, ketua jurusan dari 8 jurusan selingkung FIP, sekretaris jurusan, Tim GPM FIP, dan Tim UPM setiap jurusan selingkung FIP. Kegiatan yang dimulai dari jam 08.30-12.00 WIB ini dibuka oleh Dekan FIP, Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.

Pembicara pada kegiatan diskusi kali ini adalah Dr. Bachtiar Saiful Bachri, M.Pd. sebagai salah satu dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan sekaligus sebagai ketua LP3M.  Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 30 Juli 2019 di Ruang Sidang  lantai 1 Gedung 01 FIP UNESA. Diskusi kali membahas mengenai kurikulum baru yang digaungkan oleh pihak rektorat Universitas Negeri Surabaya. Kurikulum baru yang dimaksud adalah adanya penambahan matakuliah baru yang berkaitan dengan kurikulum 4.0 dan pembinaan jasmani dan kebugaran mahasiswa. Matakuliah tersebut bernama literasi digital dan pendidikan jasmani & kebugaran.

Literasi digital merupakan matakuliah yang membekali mahasiswa untuk dapat memproses berbagai informasi, memahami pesan, kesadaran dan berpikir kritis terhadap berbagai dampak positif dan negatif serta kemampuan berkomunikasi efektif dalam berbagai bentuk. Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mampu menyaring pesan yang didapatkan agar tidak terjebak pada berita hoax dan menyebarkannya secara berantai. Sedangkan Matakuliah Pendidikan Jasmani dan Kebugaran memfokuskan pada pentingnya aktivitas fisik melalui permainan dan berbagai cabang olahraga guna memberikan solusi generik melalui dunia pendidikan. Melalui penambahan dua matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu sehat secara jasmani dan sehat secara rohani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *